Pengantar Bisnis Semester 1 (Tema 1)
Online
Shop
Makalah
ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Bisnis Semester 1
Dosen:
S
TIWI ANGGRAENI
Disusun
Oleh:
Dea
Khirana (22214581)
FAKULTAS
EKONOMI JURUSAN AKUNTANSI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah kepada kita semua, sehingga berkat Karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah”Online Shop”.
Dalam penyusunan makalah ini, penulis tidak lupa mengucapkan banyak terimakasih pada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan tugas makalah ini sehinggga penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini.Dalam penyusunan makalah ini penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis maupun kepada pembaca umumnya
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ........................................................................... i
DAFTAR ISI ......................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN……………………………………………........ 1
1.1.
Latar Belakang………………………………………………… 1
1.2.
Rumusan Masalah…………………………………………….. 1
1.3.
Tujuan Penulisan……………………………………………… 1
1.4. Metode Penulisan……………………………………………... 2
BAB II. PEMBAHASAN..................................................................... 3
2.1 Pengertian
Online Shop………………………………………... 3
2.2 Kelebihan
Online Shop………………………………………... 5
2.3 Kekurangan
Online Shop…………………………………….... 6
2.4 Cara
Memastikan Keaslian Sebuah Online Shop…………….... 7
2.5 Cara
Mendirikan Bisnis Online Shop………………………….. 7
BAB III PENUTUP……………………………………………………...... 11
3.1 Kesimpulan…………………………………………………….. 11
3.2Saran……………………………………………………………. 12
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................ 12
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Dewasa
ini, di jaman yang modern dan di jaman digital seperti sekarang ini, dimana
internet sedang maju dengan pesat pesatnya, bahkan sudah menjadi gaya hidup
bagi sebagian penduduk di dunia. Hal ini juga memberikan dampak pada pola hidup
manusia sekarang ini, termasuk dalam interaksi jual belinya. Saat ini ada satu
tren yang sedang mengemuka di dunia, bahkan di Indonesia, yakni belanja online,
atau sering disebut online shop.
Berbagai
macam barang bisa kita dapatkan secara online. Dari baju, sepatu, tas,
komputer dan aksesorisnya, kosmetik sampai dengan perhiasan dan mobil, bisa
kita beli secara online melalui internet, hanya dengan melakukan sekali ‘klik’
saja.
Didukung
dengan penggunaan internet yang semakin mudah dan murah, serta di dukung dengan
meningkatnya produktivitas Home Industry, usaha jual-beli ini di anggap sangat
menjanjikan.
Online
Shop terhitung mudah di jalankan, dan murah, karena tidak membutuhkan modal
yang besar. Cukup hanya dengan website toko kita, foto produk serta akses
internet untuk menjalankannya, bisnis online shop ini sudah dapat berjalan.
1.2
Rumusan Masalah
1. Apa pengertian Online Shop?
2. Apa kelebihan online shop?
3. Apa kekurangan online shop?
4. Bagaimana memastikan keaslian sebuah online shop?
5. Bagaimana cara mendirikan Bisnis Online
Shop?
1.3
Tujuan Penulisan
Tujuan
penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui pengertian online shop, kelebihan
serta kekurangannya, cara memastikan keaslian sebuah online shop, dan cara
mendirikan bisnis Online Shop.
1.4
Metode Penulisan
Metode penyusunan makalah ini
menggunakan media internet.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Online Shop
Menurut
Didit Agus Irwantoko, belanja online (online shop) merupakan proses pembelian
barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui
internet. Toko virtual ini mengubah paradigma proses membeli barang/jasa
dibatasi oleh tembok, pengecer, atau mall (Didit Agus Irwantoko,2012).
Maksutnya, tak perlu harus bertemu penjual/pembeli secara langsung, tak perlu
menemukan wujud ‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar
monitor computer, dengan koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan
transaksi jual/beli secara cepat dan nyaman.
Hasil
survey terakhir (December 2011) menunjukkan bahwa 36% dari seluruh transaksi
perdagangan yang terjadi di Indonesia di lakukan secara online atau online
shop. Diperkirakan 80% dari transaksi online tersebut ternyata dilakukan oleh
bisnis online berskala Mikro Kecil (UMK). Omzet dari bisnis online berskala UMK ini mulai dari 2juta
per bulan, hingga puluhan juta per bulan, namun karena jumlahnya sangat banyak,
maka omzet keseluruhan UMK online mampu mencapai 80% dari keseluruhan transaksi
online. (Bonafide Logo, 2012)
Survey yang dapat menjadi tolok ukur untuk
mengetahui kecenderungan konsumen dalam berbelanja melalui online tersebut
dilakukan di 25 negara dengan periode antara 5 Desember 2011 hingga 6 Februari
2012. Laporan untuk kawasan Asia/Pasifik—Thailand, Cina, Jepang, Korea,
Australia, Malaysia, Selandia Baru, Taiwan, Vietnam, Hong Kong, Indonesia,
Singapura, India, Filipina—juga dilengkapi dengan wawancara mengenai perilaku
berbelanja online terhadap 7.373 responden dari 14 negara—catatan: hasil survei
dan laporan yang menyertainya tidak mencerminkan kinerja keuangan MasterCard,
(DuniaUKM, 2012).
Di Indonesia sendiri, belanja online atau
online shop mulai muncul sekitar tahun 2000 an, dan sekarang toko online sudah
menjamur ada dimana mana. Apalagi dengan adanya dukungan media jejaring sosial,
seperti facebook, twitter, blog, multiply, tumblr, yang dapat sangat berguna
untuk mempromosikan produk yang ingin di jual/di beli. Media sosial inilah
merupakan salah satu media yang membuat berbelanja online semakin mudah
terjadi.
Pada awal kemunculannya di Indonesia,
berbelanja online hanya di gunakan oleh masyarakat dari kalangan atas, karena
berbelanja online membutuhkan komputer, jaringan internet, dan kartu debet
untuk melakukan transaksi jual/beli tersebut. Namun seiring berjalannya waktu,
dikarenakan oleh faktor kenyamanan dan kecepatan, sekarang mulai dari
ibu-ibu pejabat, sampai mahasiswa/mahasiswi banyak yg memanfaatkan berbelanja
dengan online.
Dalam Bisnis Online Shop dikenal dengan
pengertian SWOT, yaitu:
a. Strenghts ( kekuatan ) : Pasar Luas, Buka 24 jam,
Karyawan Sedikit,Tidak Perlu Stok,Berjalan Otomatis, Biaya Promosi Kecil, Dapat
Dilakukan Oleh Siapapun, . Biaya Sangat Murah, Bisa dijalankan dimana saja,
kapan saja, dan oleh siapa saja, Skill yang diperlukansepenuhnya bisa
dipelajaritidak masalah apapun latar belakang anda,Potensi penghasilan sangat
besar,kita bisa dibayar dalam dollar, Membuka lapangan pekerjaan.
b. Weaknesses ( kelemahan ) : Ukuran/ Size yang tak sama (
for clothing),Keinginan Untuk Memegang & Mencoba produk (minim untuk dapat
menggunakan panca indera), Resistensi Membeli Secara Online ( biasanya bagi
orang awam yang belum pernah bertransaksi secara online), Pasar Seluruh Dunia
Tapi Terbatas Pada Pengguna Internet (Muda), Sistem Pembayaran yang masih
seidikit rumit
c. Opportunities (peluang) : Bisnis online ini memiliki
peluang yang sangat bagus.karena bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja
dimana saja dan kapan saja.Apalagi bagi orang-orang yang tidak ingin banyak
meniggalkan keluarganya hanya untuk bekerja diluar rumah.
d. Threats (ancaman) : Berbagai bisnis apapun pasti
memiliki ancaman yang akan dihadapi kedepannya termasuk bisnis online
ini.Ancaman berbisnis online antara lain datang dari orang-orang yang hanya
iseng,jasa pengiriman,dalam soal pembayaran dan lain-lain
2.2
Kelebihan Online Shop
Bisnis Online yang mulai menjamur ini di anggap
menjanjikan bagi beberapa pihak. Keuntungan yang di hasilkan juga tak patut di
pertanyakan lagi. Tak perlu bermodal ‘toko’ secara fisik untuk mempromosikan
barang yang di jual, kita dapat mempromosikan lewat gambar yang selanjutnya di
pajang di website atau ‘toko virtual’ milik kita melalui internet.
Tak hanya memiliki kelebihan dalam segi
kemudahan saja, dimana kita tingal meng ‘klik’ saja, menurut Iqbal Maulana,
2012, 7 alasan orang lebih memilih melakukan belanja online atau online shop
antara lain :
1. Hemat Tenaga
Belanja secara online juga dapat
menghemat tenaga. Anda tak perlu repot mengantre di kasir pembayaran. Belum
lagi jika toko yang dikunjungi ramai pembeli, Anda juga akan menunggu untuk
dilayani oleh penjaga toko tersebut. Sedangkan jika belanja melalui onlie, Anda
bisa 'melayani diri sendiri' dengan cepat tanpa harus menunggu waktu lama.
2. Mengurangi Rasa Lelah
Untuk pergi ke mal Anda membutuhkan tenaga ekstra untuk naik angkutan umum atau mengendarai kendaraan pribadi. Apabila Anda berbelanja secara online, Anda bisa berbelanja sambil duduk-duduk santai atau tiduran di atas tempat tidur. Bisa juga sambil menonton tv.
Untuk pergi ke mal Anda membutuhkan tenaga ekstra untuk naik angkutan umum atau mengendarai kendaraan pribadi. Apabila Anda berbelanja secara online, Anda bisa berbelanja sambil duduk-duduk santai atau tiduran di atas tempat tidur. Bisa juga sambil menonton tv.
3. Tidak Repot
Jika memang ingin berbelanja banyak, Anda tak perlu repot
membawa kantong belanjaan yang menumpuk. Karena jika berbelanja melalui online,
Anda hanya tinggal menunggu barang-barang yang dibeli dikirim ke rumah.
4. Mudah Membandingkan Harga
Daripada menyusuri mal dari satu toko ke toko lainnya hanya untuk membandingkan harga baju yang diincar, lebih baik Anda membandingkannya melalui online shopping. Umumnya situs online shopping menjual barang yang sama dengan situs onle shopping lainnya, namun harganya bisa saja berbeda.
Daripada menyusuri mal dari satu toko ke toko lainnya hanya untuk membandingkan harga baju yang diincar, lebih baik Anda membandingkannya melalui online shopping. Umumnya situs online shopping menjual barang yang sama dengan situs onle shopping lainnya, namun harganya bisa saja berbeda.
5. Tidak bertatap muka
Belanja online juga memang di lakukan melalui internet ,
banyak orang yang memang mencari online shop agar tidak bertatap muka kepada
penjualnya, salah satunya faktor malu , semisal saja Anda ingin membelikan
istri Anda lingerie , pasti Anda malu jika harus masuk ke yang jual lingerie di
pusat perbelanjaan bukan ?
6.
Hemat Waktu
Belanja online juga dapat menghemat waktu Anda tanpa harus macet-macetan di jalan. Tentu saja Anda bisa berbelanja hanya dengan waktu beberapa menit. Sehingga waktu tak banyak terbuang dan masih bisa melakukan aktivitas lainnya.
Belanja online juga dapat menghemat waktu Anda tanpa harus macet-macetan di jalan. Tentu saja Anda bisa berbelanja hanya dengan waktu beberapa menit. Sehingga waktu tak banyak terbuang dan masih bisa melakukan aktivitas lainnya.
7. Nyaman
Kenyamanan juga menjadi salah satu faktor mengapa lebih baik belanja secara online. Anda bisa berbelanja kapan saja sesuka Anda, meskipun tengah malam sekalipun.
Kenyamanan juga menjadi salah satu faktor mengapa lebih baik belanja secara online. Anda bisa berbelanja kapan saja sesuka Anda, meskipun tengah malam sekalipun.
2.3
Kekurangan Online Shop
Ada
juga sebagian masyarakat yg masih takut untuk melakukan belanja secara online.
Sebagian orang takut untuk membeli barang secara online karena menganggap
barang yang hanya di lihat secara gambar masih tidak cukup sebelum dilihatnya,
serta diraba nya secara langsung. Sebagian lagi beranggapan, jika hanya melihat
gambar, dan mengira ira wujudnya saja, bisa jadi barang yang di beli tidak
sesuai dengan ekspektasi atau bayangan kita. Atau lebih gamblangnya, mereka
takut merasa kecewa atau di kecewakan dengan barang yang di dapatkannya setelah
melakukan transfer sejumlah uang tertentu. Karena transaksi sebagian besar
online shop, dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah uang tertentu terlebih
dulu kepada toko online, baru barang di kirim. Walaupun masih banyak orang yang
masih ragu dengan berbelanja online (online shop), tetapi karena alasan
kenyamanan, mereka yang memutuskan untuk mencoba belanja online bertambah
sangat cepat. Terlihat dari banyaknya toko online di jejaring social media
seperti facebook dan twitter.
2.4
Cara Memastikan Keaslian Sebuah Online
Shop
Saat
ini pun masih banyak beredar penipuan berkedok online shop alias online shop
fiktif. Gambar, harga miring, diskon besar besaran, komentar komentar positif
yang tertera pada toko online tersebut, belum bisa di jadikan jaminan yang
cukup untuk kita mempercayainya. Apalagi bagi kita yang masih ragu dengan
belanja online (online shop) ini. Berikut tips tips cara memastikan keaslian
sebuah online shop menurut Ayu Noor, 2011 :
1. Tanyakan kepada si admin, dimana
alamat toko tersebut. Jika diberikan alamat yang jelas coba lacak menggnakan
Google map, apakah alamat tersebut fiktif atau tidak.
2.
Tanyakan
apabila toko tersebut lokasinya dekat, bisahkah COD (cash on delivery). Bila si
pemilik toko enggan melakukan transaksi COD, lebih baik tidak perlu ada
transaksi.
3.
Bila
lokasi jauh bisakah transaksi menggunakan rekening bersama. Jika pemilik toko
enggan menggunakan rekber, dipastikan mereka takut. Karena bila menggunakan
rekening bersama otomatis keamanan uang Anda terjamin.
4.
Coba
cari nomer telepon yang tertera di toko tersebut di Google. Biasanya dengan
begitu Anda bisa menemukan banyak komentar-komentar dari para pembeli yang
sudah ditipu.
2.5
Cara Mendirikan Bisnis Online Shop
1.
ASPEK KEUANGAN
a. Modal
Untuk
memulai bisnis online tidak perlu modal yang banyak karena kita tidak harus
menyetok barang di rumah .Misalnya hanya bermodalkan uang Rp 500.000,- kita
sudah bisa memulai untuk berbisnis online .Dengan cara kita menginvestasikan
uang tersebut kepada supplier kita.
b. Alat untuk mulai berbinis
Alat yang
digunakan untuk memulai berbisnis online biasanya memakai smartphone
(Blackberry/Android) karena sekarang ini kebanyakan orang memakai smartphone.
Akan tetapi jika kita tidak menggunakan smartphone kita bisa menggunakan media
online seperti BBM, Facebook,Twitter, Instagram atau membuat blog.
c. Rekening Bank
Kita harus memiliki rekening Bank karena untuk mempemudah
urusan pembayaran. Para konsumen yang berada di luar kota bisa langsung
mentransfer ke rekening kita .
2. BARANG YANG DIPERJUAL BELIKAN
a.
Pakaian
b.
Tas
c.
Sepatu
d.
Aksesoris
e.
Hijab / Kerudung
3. MENCARI SUPPLIER (PEMASOK BARANG )
Gunakan media
internet untuk mencari supplier yang bisa kita ajak bekerjasama . Atau kita
juga bisa langsung mendatangai pusat grosir terdekat yang ada di kota anda yang
bisa di ajak kerjasama untuk kita pasarkan melalui online.
4. CARA PEMASARAN DAN PROMO
Mengunakan media online sebagai sarana promosi yang dapat
membantu dalam memasarkan produk. Misalnya dengan membuat grup di dalam
smartphone(BB) dan meng-upload foto-foto
barang dagangan ke dalamnya dengan diberi keterangan yang jelas.Bisa juga membuat
fanpage di dalam facebook dan meng-upload barang yang akan di jual belikan
kedalam fanpage tersebut atau bisa juga ke twitter.
5. CARA PEMESANAN
a.
Setelah kita mengupload/mengunggah
foto-foto barangn dagangan ke dalam
group atau fanpage,para konsumen bisa memesan dengan cara memberikan koment di
dalam foto tersebut.
b. Memilih warna
dan ukuran barang yang akan di beli
c.
Setelah kedua
belah pihak setuju biasanya kita sebagi reseller memberikan no rekening kita ,
untuk mentransfer sejumlah uang yang telah didisepakati tadi
d.
Konsumen memberikan bukti transfer
dengan cara memfoto bukti transfer tersebut
e.
Konsumen memberikan alamat yang
jelas
f.
Kita langsung
mengirimkan barang yang dipilih konsumen tadi
6. PENGAMBILAN KEUNTUNGAN
Untuk pengambilan keuntungan tidak perlu telalu banyak
karena biasanya para konsumen lebih memilih barang-barang yang di perjual
belikan dengan harga yang lebih murah, selain itu biaya pengiriman biasanya
sudah di tanggung oleh konsumen itu sendiri .
7. SASARAN
Untuk memperlancar bisnis online kita bisa membidik sasaran
:
a.
Para mahasiswa
b.
Pekerja kantoran
c.
Para pelajar
d.
Masyarakat umum
8. KEUNTUNGAN DAN KELEMAHAN BERBISNIS
ONLINE
a.
KEUNTUNGAN
Berbisnis online tidak harus
memiliki barang sendiri
Tidak perlu mempunyai modal banyak
Bisnis online banyak jenisnya
Bisnis bisa
dijalankan dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja.
Jangkauan penjualan lebih luas
Jam kerja tidak terikat
Tidak memerlukan kantor khusus
Bisa membuka beberapa bisnis
sekaligus
Tidak ada Bos. Bisnis online tidak perlu atasan atau bos.
Tidak terikat waktu dan tempat
b. KELEMAHAN
Biaya pengiriman antar pulau yang
mahal dan kadang-kadang berubah.
Rumitnya sistem pembayaran
Pasar Seluruh
Dunia tapi terbatas pada pengguna Internet
Beberapa jasa
pengiriman tidak melayani pengiriman ke beberapa tempat di Indonesia
Karena
Indonesia negara kepulauan, biasanya pengiriman mengalami keterlambatan. Bahkan
beberapa kasus, pengiriman tidak bisa dilakukan dan hanya disimpan di cabang
jasa pengiriman yang digunakan
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Belanja
online (online shop) merupakan proses pembelian barang/jasa oleh konsumen ke
penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui internet.
Tak perlu harus bertemu penjual/pembeli secara langsung, tak
perlu menemukan wujud ‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar
monitor computer, dengan koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan
transaksi jual/beli secara cepat dan nyaman.
Setiap bisnis yang kita lakukan pasti
memiliki resiko.Tetapi resiko itu bisa siasati dengan berbisnis online.dengan
bisnis online kita dapat membuat resiko kecil tetapi tetap bisa menghasilkan
income yang banyak.
Untuk newbie dengan modal kecil bisnis
online ini bisa dijadikan untuk pembelajaran dalam berbisnis.Belajar bagaimana
berkomunikasi dan melayani yang baik kepada konsumen.Tidak hanya uang yang
didapat tetapi pengalaman yang berharga untuk memperbaiki bisnis kita di masa
yang akan datang.
3.2
Saran
Saat ini pun masih banyak beredar penipuan berkedok online
shop alias online shop fiktif. Gambar, harga miring, diskon besar besaran,
komentar komentar positif yang tertera pada toko online tersebut, belum bisa di
jadikan jaminan yang cukup untuk kita mempercayainya.
Jadi,
untuk mengantisipasi hal tersebut diperlukan kepercayaan antar pembeli kepada
penjual, dan penjual kepada pembeli, sehinggat terjadi trust (Rasa Kepercayaan) antara pembeli dan penjual.
DAFTAR PUSTAKA
1.
http://www.marketing.co.id/2012/06/18/meningkatnya-pertumbuhan-belanja-online-di-pasar-negara-berkembang/
2.
http://m.salingsilang.com/baca/penipuan-online-shop-masih-marak-di-facebook
3.
http://bonafidelogo.blogspot.com/2012/06/apakah-bisnis-online-juga-membutuhkan.html
4.
http://nevafarrell.blogspot.com/2011/07/online-shopping-belanja-online-amankah.html
6.
http://kucrut16.blogspot.com/2012/11/makalah-bisnis-online.html
Banyak toko oline tidak menjamin harga dan kualitas barang, pastikan anda berbelanja di online shop smartphone indonesia terlengkap, metrodataonline.com
BalasHapus